Ambon Manise

Kata mangga muda manis, mangga datangalah dari hila, orang ambon lah hitam manis, bikin nona tagila-gila,o.. ulate,

Itu sebait lagu O ulate yang lagi saya gandrungi akhir2 ini. Apa maksudnya ini? itu tandanya sakit saya kambuh lagi. Kenapa tidak lagu-lagu hijau daun atau lagi d Massiv yang lagi tenar belakangan ikni. Itu dia sakit saya. Telinga saya mungkin reinkarnasi dari telinga kakek saya atau telinga orang-orang lama yang doyan lagu ini di zamannya.

Omong-omong soal lagu O ulate ada beberapa lagu chaca ambon lagi yang sering nongol di list winamp saya. Ada lagu hura-hura cincin, waktu hujan sore-sore, sioh mama, mari berdendang. Pasti dari sebagian pembaca ada yang tak kenal lagu itu. Saya beretnik minang, sedangkan lagu itu dimainkan oleh etnik maluku, menurut ilmu antropologi, berasal dari keturunan austroloid yang dekat dengan teman-teman dari papua. Namun saya tak mempermasalahkan SARA seperti Andi Malaranggeng yang bawa-bawa nama Bugis sewaktu berkampanye di Sulsel, Orang bugis belum saat nya jadi presiden.

Jangan salah. Indonesia timur dahulunya merupakan salah satu pusat perdaganagn dunia dengan Rempah-rempahnya yang terkenal. Kalau di zaman sekarang bisa disepadankan dengan minyak bumi yang membuat Amerika menyerang negara timur tengah dengan berdalih terorisem. Dahulu Maluku inilah yang membuta pelaut-pelaut portugis , belanda dan inggris mati-matian mencari jalur pelayaran ke sini. Bahkan dengan dalih mencari rempah-remopah ke sini si Colombus dengan kebetulan menemukan benua Amerika yang disangkanya Asia.

Balik lagi ke Ambon, Sebuah kota pelabuhan di timur Indonesia yang pernah terkoyak oleh konflik horisontal disana. Ambon yang memiliki populasi Kristen yang dahukunya disebarkan oleh VOC maupun komunitas Muslim yang berasal dari syiar raja-raja Ternate dan Tidore ini pernah berperang satu sama lain. Padahal saya yang menggandrungi lagu-lagu Ambon ini bisa mengambil kesimpulan dari lirik-lirik lagu yang mereka ciptakan merupakan negeri yang tenang. 

Mungkin anda juga pernah dengar lagu Rasa Sayange, betapa flamboyannya negeri ini. Namun pasca reformasi 98, negeri ini bergolak, seakan bara dalam sekam yang sewaktu-waktu bisa meledak. 

Semoga saja, siapapun yang menjadi pemimpin negeri ini nanti, Mega, JK, ataupun SBY, harapan kami ada dipundakmu demi perdamaian Indonesia.

About these ads

24 Responses to “Ambon Manise”


  1. 1 Catra 7 July 2009 at 12:19

    Temen2 ada yang suka lagu2 ambon nggak? :lol:

  2. 2 Ikkyu_san 7 July 2009 at 13:48

    wow aku suka sekali lagu ambon (lagunya loh)

    Kota ambon ibu negri tanah maluku
    di pinggir laut tempat beta bersatu
    Dilihat dari jauh Gunung Salahutu
    beta ingat beta dahulu di situ

    bulan terang benderang di pinggirnya pantai
    bunyi gitar suara tifa ramai-ramai
    Kota Ambon dengan teluk yang indah permai
    apa tempo beta lihat oselae

    duuuuh smabil nyanyi deh nulis komentarnya.
    Catra, saya suka semua lagu daerah, meskipun ngga ngerti hihihi
    wong bahasa spanyol, portugis, jerman, belanda aja suka kok.
    kecuali bahasa Cina, ngga bisa ikut nyanyinya.
    Jadi kesimpulannya, kalo suka nyanyi ya suka aja.
    Musik kan universal ;)

    EM

  3. 3 Eka Situmorang-Sir 7 July 2009 at 14:56

    gue sukanya lagu poco2 :) kalau dari maluku.
    ah kalau lagu atau musik gak pandang suku, bahasa atau budaya.
    selama indah didengar pasti saya ikutan nyanyi (diem2) abis suara gue fals hehehe

  4. 4 imoe 7 July 2009 at 19:59

    kalo bg im suka lagu dangsut tuh hehehehe
    atau lagu daerah minang ‘kutang barendo’ hahahah

  5. 5 aurora 7 July 2009 at 20:41

    kalo aku sih suka lagu yang agak kampungan… kaya’ lagunya linkin park, atau avenged sevenfold, dan lagu kampungan lainnya….

  6. 6 ikhwanalim 8 July 2009 at 00:46

    keqnya saya tau lagu ini ( O ulate) deh.
    masuk dalam playlist gitar2an anak2 balikpapan yg mo jambore nasional taun 2001.
    cuma dah lupa nyanyikannya keq mana. hahaha…

  7. 7 Catra 8 July 2009 at 07:10

    @mbak imel
    wah, mbak imel ternyata menguasai banyak bahasa. Kalo bahasa cina emang gimana mbak? Susah buat dinyanyiin ya?

    @ mbak eka
    poco2? Itu bukannya lagu yang buat joged itu mbak?hehe… malenggang patah-patah.

    @bg imu
    kapan kita dangdutan lagi nih bang? Haha

    @aurora
    wah, itu kan berasal dari kampung saya… :mrgreen:

    @ikhwanalim
    berarti peserta jamborenya ada yang berasal dari ambon ya mas?
    Haha

  8. 8 uke poet 8 July 2009 at 15:36

    Hehe, terus terang, saya terkadang lebih suka menggumamkan lagu2 daerah daripd lagu masa kini. Soalnya masih lebih hapal lagu daerah drpd lagu masa kini.

  9. 9 Ade 9 July 2009 at 01:53

    cat, saya suka kampuang nan jauh di mato..
    lagu sedih tapi iramanya gembira, jadi ga jadi sedih dej :-D

  10. 10 soyjoy76 9 July 2009 at 12:21

    Ambon juga terkenal sama petinjunya loh Cat… :-)

    Kalo lagu Apuse yang diadaptasi sama Netral di sontrek filem Garuda Di Dadaku itu dari Ambon juga kan?

  11. 11 lambenesugiman 10 July 2009 at 21:44

    aku suka pisangnya…

  12. 12 vizon 11 July 2009 at 10:43

    apakah ini juga pertanda kalau catra juga lagi kesengsem sama gadis ambon…? hehehe… :D

    baa kaba sutan? masih liburan di kampuang halaman?

  13. 13 senny 13 July 2009 at 10:56

    ah kalo soal ambon gue sukanya bika ambon

    eh bukan dari ambon yah?? salah

  14. 14 1nd1r4 19 July 2009 at 18:17

    lagu2nya riang dan enak didengar kok cat. Setuju ama kalimat terakhir, siapapun yg terpilih smoga membawa yg terbaik buat Indonesia…amiin :)

  15. 15 AL 26 July 2009 at 22:16

    Kalo rame-rame?

    Sio nona jang padede
    Mari rapat kemarie
    Jangan takut beta cuma polose

    Badansa putar bae-bae
    Jangan sampai ale tagae
    Nanti pulang mama bisa bakalae

    Hee… rame-rame
    Mari katong badansa rame-rame
    Hee… rame-rame
    Badansa goyang badan manise

    La dengar donci sio
    He balenggang dan manari
    Angka kaki atur langkah bae-bae

    Jangan pulang nona
    He balenggang dan manyanyi
    Angaka pantun bikin rame pestae

    Sio asal bisa jaga diri bae-bae
    Jangan sampai pulang mama bakalae

    Pukul tifa rame-rame
    Pukul tifa rame-rame
    Mari katong badansa
    Rame-rame

  16. 17 chemud 30 July 2009 at 05:05

    hahaha..
    klo saiah aseli tersindir dengan lagunya..
    malahan si pacar memberikan lagu ituh sbg ost idup saiiah..
    hahahaha…

    *hepiy blogwalking*

  17. 18 kezedot 31 July 2009 at 09:15

    kalau aku sih tergantung situasinya
    namun kebanyakan lagu sunda yg sering aku nyanyikan hehehe
    salam hangat dalam 2 musimnya blue

  18. 19 marshmallow 31 July 2009 at 09:49

    waaa… baa kok samo bana jo judul posting uni bara hari lalu?
    kebetulah uni sadang di ambon duo minggu.

    tapi sekarang beta su pulang, nyong. beta bagi ale baca tulisan-tulisan beta di blog tentang ambon e… mari katong kenal indonesia.

  19. 20 ichanx 18 August 2009 at 15:45

    belum pernah maen ke ambon…. yang penting, semoga selalu damai laahhh

  20. 21 Soni Satiawan 20 August 2009 at 18:26

    Bro, koq belum di-update nih beritanya????
    Pa kabar bro?? Sibuk dengan penerimaan mahasiswa baru ya??
    Jangan jadi ketua OSKM nih sampe ga sempat update blog??

  21. 22 Huang 1 October 2009 at 21:17

    haii mana neh yang punya blog :)

  22. 23 ZanDy 20 March 2011 at 13:24

    karna beta orang Ambon.so pasti lagu ambon beta suka samua dong.hehe ^_^

  23. 24 ZanDy 20 March 2011 at 13:25

    karena beta orang Ambon.so pasti lagu ambon beta suka samua dong.hehe ^_^


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow me on twitter: @caatraa

Blog Stats

  • 288,796 hits

Twitter

Error: Please make sure the Twitter account is public.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 63 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 63 other followers

%d bloggers like this: