Ambon Manise

Kata mangga muda manis, mangga datangalah dari hila, orang ambon lah hitam manis, bikin nona tagila-gila,o.. ulate,

Itu sebait lagu O ulate yang lagi saya gandrungi akhir2 ini. Apa maksudnya ini? itu tandanya sakit saya kambuh lagi. Kenapa tidak lagu-lagu hijau daun atau lagi d Massiv yang lagi tenar belakangan ikni. Itu dia sakit saya. Telinga saya mungkin reinkarnasi dari telinga kakek saya atau telinga orang-orang lama yang doyan lagu ini di zamannya.

Omong-omong soal lagu O ulate ada beberapa lagu chaca ambon lagi yang sering nongol di list winamp saya. Ada lagu hura-hura cincin, waktu hujan sore-sore, sioh mama, mari berdendang. Pasti dari sebagian pembaca ada yang tak kenal lagu itu. Saya beretnik minang, sedangkan lagu itu dimainkan oleh etnik maluku, menurut ilmu antropologi, berasal dari keturunan austroloid yang dekat dengan teman-teman dari papua. Namun saya tak mempermasalahkan SARA seperti Andi Malaranggeng yang bawa-bawa nama Bugis sewaktu berkampanye di Sulsel, Orang bugis belum saat nya jadi presiden.

Jangan salah. Indonesia timur dahulunya merupakan salah satu pusat perdaganagn dunia dengan Rempah-rempahnya yang terkenal. Kalau di zaman sekarang bisa disepadankan dengan minyak bumi yang membuat Amerika menyerang negara timur tengah dengan berdalih terorisem. Dahulu Maluku inilah yang membuta pelaut-pelaut portugis , belanda dan inggris mati-matian mencari jalur pelayaran ke sini. Bahkan dengan dalih mencari rempah-remopah ke sini si Colombus dengan kebetulan menemukan benua Amerika yang disangkanya Asia.

Balik lagi ke Ambon, Sebuah kota pelabuhan di timur Indonesia yang pernah terkoyak oleh konflik horisontal disana. Ambon yang memiliki populasi Kristen yang dahukunya disebarkan oleh VOC maupun komunitas Muslim yang berasal dari syiar raja-raja Ternate dan Tidore ini pernah berperang satu sama lain. Padahal saya yang menggandrungi lagu-lagu Ambon ini bisa mengambil kesimpulan dari lirik-lirik lagu yang mereka ciptakan merupakan negeri yang tenang. 

Mungkin anda juga pernah dengar lagu Rasa Sayange, betapa flamboyannya negeri ini. Namun pasca reformasi 98, negeri ini bergolak, seakan bara dalam sekam yang sewaktu-waktu bisa meledak. 

Semoga saja, siapapun yang menjadi pemimpin negeri ini nanti, Mega, JK, ataupun SBY, harapan kami ada dipundakmu demi perdamaian Indonesia.

About these ads

24 thoughts on “Ambon Manise

  1. wow aku suka sekali lagu ambon (lagunya loh)

    Kota ambon ibu negri tanah maluku
    di pinggir laut tempat beta bersatu
    Dilihat dari jauh Gunung Salahutu
    beta ingat beta dahulu di situ

    bulan terang benderang di pinggirnya pantai
    bunyi gitar suara tifa ramai-ramai
    Kota Ambon dengan teluk yang indah permai
    apa tempo beta lihat oselae

    duuuuh smabil nyanyi deh nulis komentarnya.
    Catra, saya suka semua lagu daerah, meskipun ngga ngerti hihihi
    wong bahasa spanyol, portugis, jerman, belanda aja suka kok.
    kecuali bahasa Cina, ngga bisa ikut nyanyinya.
    Jadi kesimpulannya, kalo suka nyanyi ya suka aja.
    Musik kan universal ;)

    EM

  2. gue sukanya lagu poco2 :) kalau dari maluku.
    ah kalau lagu atau musik gak pandang suku, bahasa atau budaya.
    selama indah didengar pasti saya ikutan nyanyi (diem2) abis suara gue fals hehehe

  3. kalo aku sih suka lagu yang agak kampungan… kaya’ lagunya linkin park, atau avenged sevenfold, dan lagu kampungan lainnya….

  4. keqnya saya tau lagu ini ( O ulate) deh.
    masuk dalam playlist gitar2an anak2 balikpapan yg mo jambore nasional taun 2001.
    cuma dah lupa nyanyikannya keq mana. hahaha…

  5. @mbak imel
    wah, mbak imel ternyata menguasai banyak bahasa. Kalo bahasa cina emang gimana mbak? Susah buat dinyanyiin ya?

    @ mbak eka
    poco2? Itu bukannya lagu yang buat joged itu mbak?hehe… malenggang patah-patah.

    @bg imu
    kapan kita dangdutan lagi nih bang? Haha

    @aurora
    wah, itu kan berasal dari kampung saya… :mrgreen:

    @ikhwanalim
    berarti peserta jamborenya ada yang berasal dari ambon ya mas?
    Haha

  6. Hehe, terus terang, saya terkadang lebih suka menggumamkan lagu2 daerah daripd lagu masa kini. Soalnya masih lebih hapal lagu daerah drpd lagu masa kini.

  7. Ambon juga terkenal sama petinjunya loh Cat… :-)

    Kalo lagu Apuse yang diadaptasi sama Netral di sontrek filem Garuda Di Dadaku itu dari Ambon juga kan?

  8. apakah ini juga pertanda kalau catra juga lagi kesengsem sama gadis ambon…? hehehe… :D

    baa kaba sutan? masih liburan di kampuang halaman?

  9. lagu2nya riang dan enak didengar kok cat. Setuju ama kalimat terakhir, siapapun yg terpilih smoga membawa yg terbaik buat Indonesia…amiin :)

  10. Kalo rame-rame?

    Sio nona jang padede
    Mari rapat kemarie
    Jangan takut beta cuma polose

    Badansa putar bae-bae
    Jangan sampai ale tagae
    Nanti pulang mama bisa bakalae

    Hee… rame-rame
    Mari katong badansa rame-rame
    Hee… rame-rame
    Badansa goyang badan manise

    La dengar donci sio
    He balenggang dan manari
    Angka kaki atur langkah bae-bae

    Jangan pulang nona
    He balenggang dan manyanyi
    Angaka pantun bikin rame pestae

    Sio asal bisa jaga diri bae-bae
    Jangan sampai pulang mama bakalae

    Pukul tifa rame-rame
    Pukul tifa rame-rame
    Mari katong badansa
    Rame-rame

  11. hahaha..
    klo saiah aseli tersindir dengan lagunya..
    malahan si pacar memberikan lagu ituh sbg ost idup saiiah..
    hahahaha…

    *hepiy blogwalking*

  12. kalau aku sih tergantung situasinya
    namun kebanyakan lagu sunda yg sering aku nyanyikan hehehe
    salam hangat dalam 2 musimnya blue

  13. waaa… baa kok samo bana jo judul posting uni bara hari lalu?
    kebetulah uni sadang di ambon duo minggu.

    tapi sekarang beta su pulang, nyong. beta bagi ale baca tulisan-tulisan beta di blog tentang ambon e… mari katong kenal indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s