Secuil Kisah Mencari Kerja

Bagi seorang freshgraduated masa-masa jobseeker adalah masa-masa menyenangkan. Ya, awalnya memang menyenangkan tapi mungkin juga bisa menjadi hal yang menjemukan akhirnya kalau kelamaan. Postingan kali ini tentang petualangan mencari pekerjaan ini dimulai di bulan Juli 2011 – Dec 2011

Awalnya bulan Juli dengan melamar Astra International, ketika itu judul TA saya pun belum ada dan belum tau akan lulus kapan. Sedangkan target wisuda saya rencananya april 2012, masih lama. Istilahnya, saya kasih nama, nekat. Ini saya urutkan ya dari awal sampai akhir. Banyak yang mengingatkan saya agar fokus pada TA terlebih dahulu. Namun proses mencari kerja ini juga ibarat refreshing dikala TA sudah terasa sangat menjemukan. Hehe. Oke, dimulai dari awal ya secara runut:

1.  Astra International (Management Trainee)

Perusahaan ini saya apply di Jobfair SBM kira-kira bulan juli 2011, ada sebuah jobfair kecil di kampus yang diadakan oleh teman2 SBM. Jadi ada beberapa perusahaan yang ikut berpartisipasi disana. Saya coba drop cv di Astra, iseng banget gan coba keampuhan CV dengan IP pas-pasan, FYI bulan juli 2011 IP saya masih 3,01 (Cuma pelepas dahaga). Eh ternyata saya di sms di suruh ikut psikotes di Aula Timur besok nya. Oke saya datang dengan jeans hitam dan kemeja hitam casual. Ternyata peserta nya full se Aula Timur. Gawats. Rame pisan dan mungkin saya yang paling kecil. Saya coba ikut tes tanpa beban, eh ternyata lulus.

Dipanggil lagi besok nya untuk ikut FGD. Saat ikut FGD agak minder juga secara ini FGD yang pertama, apalagi ada seorang peserta yang vokal. Aduh, makin minder juga. Tapi gw tetap bersuara dan berpendapat. FYI ini adalah FGD pertama yang saya ikuti. Nah, tiba-tiba di akhir teman sekelompok menunjuk saya untuk jadi presenter akhir kesimpulan untuk presentasi di depan juri. Nunggu hasil hari itu juga nama saya terpampang untuk ikut Interview HR. Pas interview agak gugup juga sih, pertanyaan seputar aktivitas kita di kampus dan cerita akademik juga.

Seminggu kemudian saya dipanggil untuk datang ke Jakarta untuk ikut Interview User. Saya tidak bisa datang karena pada saat itu sedang di Pekalongan mengerjakan proyek bersama dosen. Saat itu saya dipanggil user Astra Honda Motor di sunter, Jakarta. Saya minta reschedule, katanya nanti kalau sudah siap silahkan email saja, namun tidak saya email2. Di bulan desember saya di telepon undangan user Astra Otoparts, saya tidak bisa datang lagi. Nah bulan Januari ketika saya sudah bekerja giliran IGP nelpon (anak perusahaan Astra), disini baru saya jelaskan bahwa saya sudah bekerja di tempat lain. Saran dari saya kepada pembaca, kalau tes di Astra jangan apply di Astra International karena terkadang kita diopor ke user anak perusahaan2 astra yang kadang tak sesuai dengan minat kita. Kelebihannya kalau kita tidak lolos di perusahaan satu bisa diopor ke 2 perusahaan lainnya sampai maks tiga kali. Namun saran saya, Langsung apply di perusahaan Astra yang anda minati saja (kalau anda memang minat).

2. PT HM. Sampoerna Tbk (Graduated Trainee)

Perusahaan rokok ini iseng saya apply via email yang beredar di milis jurusan. Apalagi postingan di milis kebanyakan mengejek “ini kerjaannya ngapain ya? Nganterin rokok?”. Sedikit terdengar lucu, namun tidak menyurutkan niat untuk menguji kemampuan di tes ini. Memang benar, sewaktu tes hanya saya dan seorang teman saya dari jurusan yang sama yang ikut.

Hampir sebagiannya jurusan Teknik Industri dan SBM. Anehnya semua peserta tes Cuma ITB dan segelintir mahasiswa Unpar dan Unpad. filtering HR nya sadis banget. Saya dengar presentasi mereka secara saksama, ternyata industri rokok merupakan industri yang paling profitable di Indonesia. Modal gak terlalu banyak tapi hasil maksimal, berhubung rakyat Indonesia sangat perokok. Tukang becak yang penghasilannya 30rb per hari tetap saja rokok nya sebugkus sehari. Haha. Nah, untuk tes yang satu ini saya agak sial, saya tidak lulus tes tertulis tahap pertama. Padahal dengan soal yang sama di Adaro, Total, Danone dll saya lulus dengan soal ini. Mungkin baru tes pertama. Dan program GT di sampoerna kebanyakan memang S2 overseas maupun S2 PTN favorit dalam negeri. Saya baru lulusan SMA (saat itu saya membulatkan pilihan lulusan SMA pada form isian tes, karena belum lulus S1)

3.  Garuda Maintenance Facilities (Inspector Maintenance)

Saya apply di cdc.itb.ac.id ikut tes psikotes+ English verbal, seperti biasa pusing namun mengasyikkan jenis tes nya cukup banyak. Seminggu lagi ternyata saya lulus dan dipanggil interview HR, Ada cerita seru disini, si interviewer waktu salaman dia menatap mata saya tajam dan berkata, “saya boleh merokok gak?” secara reflek saya bilang boleh, secara doi host disitu. Namun sepersekian detik saya berpikir. Kayaknya saya salah, dan saya bilang “Pak, maaf. Ruangannya ber-AC, alangkah baik nya tidak merokok” dan dia pun tersenyum. Haha lega.

Proses nya cukup cepat. Saya diumumkan juga lulus dan lanjut ke Interview User. Disini kemampuan technical saya benar-benar diuji di depan dua orang user. Kita berdiskusi seputaran Turbin gas dan teman2nya, siklus brayton memang pelajaran yang paling saya suka. Pas akhir wawancara (mungkin setelah dia sadar melihat transkrip kalkulus saya C) mereka beri pertanyaan dasar kalkulus tentang luas daerah dua kurva. ya, cuma luas daerah kurva. I’m sorry sir, I know I have a bad calculus on my transcript, but please…

Seminggu kemudian saya dapat panggilan medical check up dan dinyatakan lulus interview akhir user. Nah disini kesehatan saya diuji. Segala aspek diperiksa dari darah, feses, urin, jantung semua lengkap. Setelah menunggu lama akhirnya saya di telepon ternyata saya tak lolos medical checkup. Padahal udah selangkah lagi. Namun tak terlalu sedih juga sih, pernah teman se ksoan saya juga gagal di medcek GMF tapi nyatanya dia lolos di medcek Telkom, memang, standard medeical masing-masing perusahaan berbeda-beda. Lagian kalo lulus GMF saya agak bingung juga, TA saya yang baru saja dimulai mau diapain? :D

4.  Thiess Contractor Indonesia (Graduated Development Program)

Perusahaan konntraktor tambang asal Australia ini saya apply di jobfair sabuga ITB (okt 2011). Sehari sesudah saya apply dapat panggilan tes tertulis. Seharian cuy, cukup banyak variasi tes nya, mulai dari psikotes yang lengkap dengan kertas korannya, tes technical tentang dasar-dasar ilmu mechanical sampai tes bahasa inggris lengkap dengan mengarang nya. Haha! Keluar dari tempat tes langsung berkunang-kunang. Tak lama, besok nya diumukan hasilnya ternyata saya lulus dan dilanjutkan ke FGD.

Ternyata sangat sedikit yang lulus. Untuk Batch FGD saya hanya ada enam peserta, empat peserta teman saya sendiri dan satu peserta lainnya anak T. Mesin Undip. Metode FGD nya agak berbeda dengan FGD Astra yang pernah saya ikuti sebelumnya. FGD Thiess lebih tepat disebut presentasi ketimbang FGD, karena kita mengeksplore sebuah proposal (masing-masing peserta beda proposal) lalu dipresentasikan dengan rencana kita. Selanjutnya masing-masing peserta yg lain memberikan pertanyaan dan sesi pembantaian pun dimulai. Haha! Nah, disinilah communication skill kita diuji bagaimana teknik bernegosiasi dalam bahasa inggris dan meyakinkan orang lain agar ide kita layak diterima.
Disini dua peserta tersisih dan peserta yang tersisa melanjutkan tes ke sesi interview user.

Pada interview user ini awalnya saya bisa menjawab pertanyaan mereka dengan lancar, namun pertanyaan terakhir mereka mengarah kepada pengetahuan automotive termasuk menanyakan pengalaman saya seputar mengoprek motor. Tentu saja saya sedikit kelabakan secara saya memang tidak pernah sekalipun bongkar motor/mobil. Haha! Juga, Lab saya lab Fluida berisikan rotary equipment konversi energi fluida seperti Turbin, Pompa, Kompressor yang tak terlalu cocok dengan job desc mereka seperti Dump Truck, Ekskavator dan equipment Tambang lainnya.
Ya, saya gagal di User Interview Thiess.

5. Adaro Energy (Mining Professionals Development Program)

Raksasa tambang Indonesia yang memiliki lahan tambang di Kalimantan selatan, Kalimantan tengah, competitor KPC di kaltim membuat saya luluh dan naksir untuk apply di perusahaan ini. Gedung nya tinggi menjulang dengan sedikit liukan di Jalan Rasuna Said, kuningan, Jakarta. Awalnya tes tertulis di cc timur ITB. Soalnya standard soal lah. Gak terlalu ribet dan banyak seperti Astra, GMF atau Thiess. Namun banyak juga yang tersisih disini.

Hasilnya langsung keluar hari itu juga dan dilanjutkan dengan FGD. Pada sesi FGD saya dapat kelompok kalem, ya sudah saya inisiatif menjadi moderator. Diskusi juga terlalu datar tak tampak sikut-sikutannya. Setelah hasil FGD keluar, hanya saya seorang dari peserta FGD kelompok saya yang lulus untuk ikut interview HR. Interview HR seperti interview2 sebelumnya, disini memang dibutuhkan kemampuan komunikasi dan meyakinkan serta diiringi sedikit senyum pada interviewer agar mereka terpikat dengan kita.

Lulus interview HR, tes selanjutnya adalah Interview User. User saya ada dua orang dan saya juga cukup yakin dan percaya diri dengan jawaban-jawaban saya. Sedikit sedih ternyata saya (lagi-lagi) tak lulus di User Interview. Namun saya coba hibur diri, wajar saja sih yang dibutuhkan di Batch ini Cuma 12 orang sedangkan mereka tes di enam kota besar Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya, Jogja. Masing-masing kota ada sekitar 300an peserta.

6. Total E&P Indonesie (Well Supervisor Trainee)

Perusahaan minyak raksasa dari Perancis ini merupakan perusahaan impian sebagian besar lulusan ITB. Sebagai owner dan clients tentu saja daya pikat nya luar biasa. Saya apply Total di Jobfair Sabuga. Ternyata peserta tes awalnya (Tes Technical) sangat banyak. Satu aula timur full. Di stand Jobfair  mbak HR nya bilang untuk posisi yang dibuka saat itu “Well Supervisor Trainee (WST) dan Well Intervention Engineer Trainee (WET)” hanya untuk jurusan yang belajar Mekanika Fluida dam hanya buka untuk 10 orang (dikit amat gans). Ternyata tes technical nya ternyata “Mesin banget”, 4 soalnya adalah soal mekanika fluida.

Lulus tes technical dua minggu berikutnya dapat undangan untuk FGD. Sesi FGD nya standard mirip astra Cuma astra pakai bahasa Indonesia disini bahasa inggris. Tidak terlalu sikut-sikutan juga sih. Lagi-lagi skill meyakinkan orang dibutuhkan, emosi kita dipermainkan agar tetap tenang dan kalem. Hehe. Ada beberapa peserta yang tak lolos di kelompok saya ini. Tapi teman-teman yang saya kenal Alhamdulillah lolos semua.

Dua minggu lagi lanjut interview HR. Interview HR Total adalah Interview HR terberat yang pernah saya rasakan. Ternyata beberapa teman juga bilang begitu, sesi wawancara sampai 45 menit dan semua dikupas habis. Jangan sampai salah-salah ngomong disini karena itu akan menjadi bumerang bagi kita. Agak lama hasilnya keluar, saya diundang untuk panel interview (interview user) di saat h-seminggu seminar sarjana. Jadwal bentrok dengan pengumpulan draft TA saya coba email tapi tak direspon, saya pikir cukup masuk akal juga soalnya disini para user juga tak punya jadwal se fleksibel orang HR dan mereka Cuma butuh 10 orang WST.

7. Danone (MT Star)

Perusahaan FMCG dari Perancis ini mengklaim sebagai perusahaan yang memproduksi produk-produk sehat. Saya apply ini juga di sabuga sewaktu Jobfair. untuk tes danone ini lagi-lagi saya apply di jobdair sabuga itb. ketika dapat invitasi tes Danone kebetulan bentrok dengan tes General Elektrik (GE) salah perusahaan raksasa yang sudah eksis lebih dari 100 tahuun di dirikan oleh Thomas Alfa Edison.

Namun karena ada satu dan lain hal, saya tidak bisa ikut tes GE dan terpaksa saya lari dari Aula Teknik Fisika ke Aula timur. Sumpah, lari-larian sampe keringetan gitu. Sesampai nya di Aula timur ikut tes tertulis Danone saya tak punya petunjuk waktu sama sekali sehingga membuat saya mengerjakan secepat mungkin.

unfortunately, i pass that written test dan dilanjutkan dengan interview HR. Pengalaman unik nya disini saya berhadapan langsung dengan manajer sales yang bahasa inggris nya cap cis cius. Langsung minder dan bahasa inggris saya langsung terlihat timpang dengan beliau. i’d try to do my best.

Pucuk dicinta ulam tiba saya di email bahwa saya lulus dan dilanjutkan dengan online test. Ini pengalaman pertama saya mencoba online test. Disini ternyata ada batasan waktu dan ada hitungan waktu mundur nya tertulis di layar komputer. aduh, padahal soal nya mirip dengan psikotest lainnya namun sensasi nya beda tes sendiri di kamar kos namun dengan waktu terbatas. Selanjutnya saya dapat undangan competency assesment saat itu bentrok dengan interview HR Total, karena competency assesment nya di Jakarta dan saya memang tak sempat ke Jakarta, saya tak ikut tes nya.

Setelah saya kerja di Jakarta ternyata mbak HR nya nelpon lagi untuk interview lagi. Kebetulan gedung nya, menara cyber tak jauh dari gedung kantor saya. Sampai interview user cukup asing diwawancara bule perancis. Baru pertama kali diwawancara bule soalnya :mrgreen:

Untuk competency assesment tiga hari setelah itu, namun tes nya pagi. dan saya pun tak berani bolos kerja.

Untuk tiga perusahaan terakhir saya bikin postingan terpisah disini. Karena di tiga perusahaan itu saya lulus dan dapat offering dalam waktu yang hampir bersamaan. Juga tentang sharing step-step rangkaian tes juga nanti saya bikin postingan tersendiri. Biar gak postingan ini nggak kepanjangan.

8.  Eon Chemical (Sales Engineer)

Perusahaan yang bergerak di bidang services dan produksi bahan kimia untuk support bidang oil & gas, mining dan manufaktur.

9. Saipem Indonesia (Mechanical Engineer)

E&C dan Oilfield services company, kontraktor di bidang oil and gas yang berasal dari Italia

10. Halliburton (Sperry Drilling Engineer)

Oilfield services & production company, kontraktor di bidang oil and gas yang berasal dari Amerika

Saipem dan Halliburton masuk World’s Top 10 Biggest oilfield services companies list

 

Related Post
1. Apa sih perbedaan antara Pertamina EP dan Pertamina Hulu Energi?
2. Antara Si Ipem, Ali Burhan dan Eyon
3. Gue gak kejar gaji kok, cuma kejar passion

37 thoughts on “Secuil Kisah Mencari Kerja

  1. Ini bakal jadi history, kelak kalau baca lagi pasti sambil senyum-senyum deh… Nah, semoga yang sekarang digenggam adalah yang terbaik. barakallahu. :)

  2. wah, perusahaan gede semua tuh.
    bang minta tips dan trick menghadapi tes kerja :D

    ditunggu juga ya untuk postingan selanjutnya.

  3. nice share nih.
    buka wawasan buat mahasiswa tingkat akhir + jobseeker lainnya.

    dari 10 perusahaan diatas yang paling menjanjikan yang mana gan?

  4. Pingback: Antara Si Ipem, Ali Burhan dan Eyon « Sebuah Tulisan Kecil

  5. mau tnya dong,saya liat2 kan itu program2 yg udah km ikutin persyaratannya hrus sarjana..sedangkan km blm sarjana kn?ko bisa ampe ikut tahapan2 bermacam tes..ak jga pernah coba2 ngelamar soalnya,tp bru sampe tahap seleksi administrasi udh ga lulus.soalnya ga memenuhi syarat,blm sarjana.
    boleh share ga gmn kiat2nya buat ikutan lg

    • Biasanya untuk multinasional company memiliki batch2 tes, jika estimasi lulus kita sebelum batch mereka mulai kemungkinan besar kita masih dipanggil. Juga biasanya mereka mau menunggu kita sampai sarjana.

  6. wah ambo salut ma perjalanan karir ente..sungguh mengesankan..hehe

    tp ngomong2 mau nanya nh, kalo adaro selama proses seleksinya ada menggunakan bahasa inggris ga?

    kalo thiess gmn?

    thx, salam kenal dunsanak..

  7. Mantap share nya..!
    Mau tanya nih, kalo untuk hasil medical check up GMF itu berapa lama ya dikabarinya? Saya lagi nunggu-nunggu hasilnya ini hehe.,
    Terima kasih,,,

  8. Beruntung yah.. sk psikotes.. sy psikotes sllu gagal udh hampir setahun nganggur fresh graduated.. krn sy g sk ppsikotes.. hahaha.. sy cocoknya wirausaha tp msh bingung.. saat” sprti ini plng bkin frustasi krn td taw ujungnya akan berakhir kapan.. hrs ttp sabar dan berusaha

    • ga ada pakem untuk perusahaan yang buka vacancy untuk mahasiswa. syarat fix, lulusan S1. Tapi biasanya mahasiswa tingkat akhir masih bisa daftar walau nanti belum tentu di luluskan tahap adm nya

  9. owh…
    lulusan fresh graduate tehnik itu klo mau kerja (masuk perusahaan) itu harus tes ya? katanya klo sudah msuk universitas favorit dan dikerumuni banyak perusahaan itu dan sudah memiliki ikatan alumni tinggal kerja aja. jdi semua itu harus dilalui dengan tes ya! mskipun ip nya 4,00 ?

  10. mas, mau nanya dong, boleh kan?, kalo boleh tau waktu tes medcek di GMF, hasilnya berapa lama itu mas?, trus yang lolos atau ga, tetep dihubungi ya?, thx

  11. mas catra mau tanya kalo yang test tertulis thiess ada apa aja selain psikotes? sama kertas koran ? ada tes teknikalnya juga mas? boleh di share kalo inget hehe

  12. mau nanya dong mas catra, kalo interview user adaro itu ditanyain apa aja ya? sy kemungkinan bakal interview user 1 minggu kedepan,, mohon bantuannya..

  13. mas, mau tanya ni, ko bsa gk lolos medcheck d GMF? kira2 apa yg bikin gk lolos.ny y? kbtln sy kmrn baru medcheck juga dan was was nunggu hasil.ny nih ditambah bingung aspek apa aja yg kira2 mereka perhatiin. mhon infonya mas jika brkenan, thnx.

Leave a Reply

