Antara Si Ipem, Ali Burhan dan Eyon

Disclaimer: Bagi yang tak tahan dengan gambar-gambar pornografi silahkan langsung tutup postingan ini. Karena dibawah banyak gambar cangcut, celana dalam bertebaran.  Serius.

Oke… berdasarkan postingan sebelumnya. Ceritanya akan dilanjutkan untuk tiga perusahaan yang belum saya deskripsikan dibawah.

Dimulai darimana ya,  saya juga bingung. Oke, awalnya masih sama.  Ada lowongan di pcd.itb.ac.id ketiga nya saya apply disana. Pertama Eon Chemical, Saipem dan Halliburton. Ketiganya buka secara berdekatan pada November 2011.

Awalnya saya dipanggil Eon Chemical. Saya tes di ruang presentasi GKU Timur (bagi jobseeker ITB pasti kenal akrab dengan ruangan ini). Pertama saya melakukan tes tertulis seperti biasa tentang tes pemahaman soal cerita yang berisi tentang hitung-hitungan.  Sangat menarik karena soal nya seperti soal teka teki. Soal nya cukup beragam jenis nya. Menarik nya sewaktu tes ini adalah peserta nya kebanyakan lulusan S2. Saya sempat kenalan dengan beberapa orang disekitar, salut!! Ada lulusan S2 Belanda (S1 nya kimia ITB), adalah S2 Jerman (S1 nya teknik kimia ITB), ada S2 erasmus mundus eropa (S1 nya kimia ITB) dan ada S2 tekim itb. Saya tahu karena sempat ngobrol lama dengan beberapa peserta ini. Di sebelah sana tampak sudah rombongan experience (agak tidak enak untuk disebut bapak2 hehe). Baru kali ini merasakan tes dengan komposisi seperti ini.

Ternyata saya lulus dan dilanjutkan dengan wawancara HR. Pertanyaannya mirip2 dengan interview HR lain. Setelah itu saya menunggu kira-kira dua minggu alhamdulillah dapat panggilan ke Jakarta untuk interview user. Kebetulan Sekali Saipem yang saya apply di PCD juga dapat panggilan untuk tes tertulis ke Jakarta.

Pertama kali saya ke Jakarta untuk tes, agak berat memang. Selama ini terbiasa dimanjakan dengan tes tes yang selalu diadakan di kampus. Ya, sangat dimanjakan sekali. Terasa sekali bedanya untuk tes di Jakarta kita harus bangun pagi-pagi dini hari dan berjalan dingin ke pool travel dingin apalagi saat itu Bandung lagi musim dingin-dinginnya. Brrrr…..

Sesampainya di Jakarta, bilangan rasuna said. Saya yang masih awam masuk ke gedung bertingkat di Jakarta agak cupu juga. Berkali-kali dihardik satpam gara-gara salah lewat. Maklum udik gan.

Besok nya saya Interview User di Eon Chemical. Karena posisi nya adalah sales engineer. Saya ditanyain tentang pengalaman-pengalaman non teknis tentang pemasaran.

Tes tertulis Saipem itu paling ribet karena ini tes nya ibarat UAS. Ada 6 soal essay tentang technical. Ada tentang konversi, produksi, perancangan, lengkap mesin banget (yaiyalah lowongannya untuk Jr. Mechanical Engineer).Saya berusaha mengerjakan sebisa mungkin dan untuk satu jawaban bisa menghabiskan satu double Polio.

Sewaktu tes, ditanya siapa yang belum lulus. Ternyata Cuma saya sendiri yang tunjuk tangan belum lulus, alamak. Di depan peserta yang lain saya seperti diceramahi gitu gan. Ditanyain kapan lulus, nama dicatat. Ya wess pasrah ngerjain soal-soal tersebut.

Setelah waktu habis, saya agak terheran-heran dengan hasil jawaban saya. Tak terbayang sama saya sebelumnya bisa mengerjakan soal tersebut dengan jawaban-jawaban bahasa inggris dan kertas dipenuhi oleh skema2, angka2 dan deskripsi dalam bahasa inggris. Entah wahyu darimana saya bisa mengerjakannya. Nothing to lose, dan tak terlalu berharap untuk lulus,

Ternyata minggu depan saya dipanggil tes interview user langsung oleh head of department. Ada beberapa teman saya yang bareng juga. Pas giliran saya, user bertanya seputaran aktivitas selama di kampus dari hal-hal akademik hingga yang non akademik.

Setelah saya diinterview cukup lama, ternyata beliau bilang. “Its enough, Thank you Catra”, saya jawab, “ Oh sir, Don’t you ask me about technical question?” saya bingung dan merasa saya dianaktirikan. Soalnya teman-teman saya sebelum nya yang diwawancara ditanya hal-hal teknis. Saya bingung. Apakah beliau memang sudah tertarik dengan kegiatan2 saya seputaran turbin di proyek dosen, kordas dan membantu dosen di beberapa kelas? Atau karena saya belum lulus jadi beliau hanya bertanya hal-hal dasar saja untuk formalitas dan sudah pasti tak meluluskan saya?

Pak Head Of Department hanya tersenyum tipis, namun user yang satunya lagi (Senior Advisor), bertanya, “Oke, Tell me everything what do you know about pump!” dengan ketus karena saya tadi kesannya menantang. Haha! Saya jelaskan sebisanya saja

Salaman dan saya disuruh menunggu kira-kira seminggu.

Kebetulan sehabis interview Eon (sehari setelah interview user Saipem) langsung saya ke Bandung bersama teman-teman ITB (Ongki MT dan satu lagi anak TI lupa namanya) yang juga ikutan wawancara Eon. Disini entah kebetulan atau tidak saat kita akan dipanggil ke travel saya ditelepon (021) saya angkat ternyata dari Saipem dan mengundang untuk offering. Haduh.. kok cepat sekali. Padahal Interview nya baru kemarinnya.

Sewaktu offering besok nya saya balik lagi ke Rasuna Said. Ada dua teman lainnya yang juga dipanggil. Kali ini agak informal langsung pada   manajer HR recruiter nya. Setelah basa-basi langsung disodorkan jumlah gaji dan fix. FYI, di semua tempat gaji freshgraduated itu sudah ada standard masing-masing. Tidak seperti experienced ada sesi nego gaji nya. Ya wess saya tanda tangani aja. Selanjutnya ya sesi ceramah gitu cukup lama beliau menceramahi saya dan topik nya adalah “loyality” dan menghilangkan budaya kutu loncat alumni ITB. Haha!! (dua Young Graduated yang baru resign anak ITB keduanya). Beliau menanyakan kapan saya bisa bergabung.

Saya tidak bisa langsung bergabung karena belum lulus dan harus menyelesaikan Tugas Akhir dan Sidang terlebih dahulu, begitu saya sampaikan. Akhirnya mereka mau menunggu saya hingga selesai sidang. Hari itu juga langsung bertekad TA harus diselesaikan secepat mungkin. Thanks Saipem, udah jadi pemicu saya untuk menyelesaikan TA. hahahaha

Oke, sekarang giliran Halliburton. Invitasi tes Tes tertulis Halliburton saya dapat setelah offering saipem. Tes tertulis nya juga sangat menantang. Dengan waktu yang sangat sedikit kita diharuskan menyelesaikan 75 soal (25 Bahasa Inggris, 25 Matematika dasar, 25 Hitungan Logika).

Lulus dan minggu depan datang lagi ke Jakarta (capek bolak-balik mulu). Sesi interview HR nya juga sama dengan metode interview HR lain mirip-mirip (Nanti bikin postingan tips2 interview juga ah hihihi). Lulus lagi  dan Minggu depannya langsung interview User. Menarik gans karena ada tiga orang mewawancarai dan satu lagi sambil berdiri nimbrung juga nanya2. haha…

Ternyata saran HR untuk memperdalam Pneumatics dan Hydrolics tak ditanyakan sama sekali di Interview User ini. Sebagian besar pertanyaan mereka seputaran mental dan kesiapan kita untuk menjadi Field Engineer. Mereka berkata, ” When u stay at Bandung u often seeing a beautiful girl, right? at least, at field u just see a beautiful monkey. Can you imagine that?” hahaha… mereka memainkan mental saya gan. Ini interview user ter aneh yang pernah saya rasakan. Isinya ya ketawa-ketiwi dan ngakak bareng-bareng di ruang interview.

Cukup lama saya menunggu hasilnya dan saya  masuk ke Saipem tanggal 23 Januari. Saat saya menunggu offering dari halliburton dan saya email dan sms Mbak *** HR Halliburton. Tak dibalas. Seminggu saya kerja saya dipanggil HR Saipem di lantai 6. Saya dijutekin dan disemprot karena dibilang menunda sign emloyment letter Saipem. Saya tanda tangan dan Mbak *** HR Halli sms.  “Catra, hopefully i’m not late. please waitin’ for our offering letter within this week..” dan esok nya disuruh datang ke Cilandak

———————

Bukannya tabu atau pamali share cangcut orang disini. Ini sekedar share saja. Soalnya selama ini saya sebagai Fresh graduated sering dengar, si anu dapat tawaran segitu, si anu gaji nya segini si badu allowance nya segini. Saya adalah orang yang paling tak percaya dengan kata-kata itu. sebelum lihat langsung offering dan slip. Ini info saja karena untuk level Fresh standardnya udah ada dan tak mungkin bisa ditutup-tutupi. Beda dengan experienced untuk posisi yg sama bisa beda tergantung nego tentunya

Just share, ini offering Halliburton saya. Offering nya masih offering Probation 3 bulan dengan basic 4,5jt dan Housing and Transport ALlowance 1,2. Take Home Pay 5,7 Juta (Gross) Selama tiga bulan. Jika lulus probation tiga bulan dapat one time insentive 1000 USD. Nah setelah itu tergantung anda, ditempatkan dimana, dikirim ke US dulu atau ke lapangan tergantung nasib masing-masing.

Namun ini sekedar info untuk slip gaji field engineer Halliburton setelah tiga tahun gabung (masih tergolong fresh)

Dan ini slip salah satu karyawan baru Saipem

Related Post
1. Apa sih perbedaan antara Pertamina EP dan Pertamina Hulu Energi?
2. Secuil Kisah Mencari Kerja
3. Gue gak kejar gaji kok, cuma kejar passion

About these ads

32 Responses to “Antara Si Ipem, Ali Burhan dan Eyon”


  1. 1 Bismi madjid 28 February 2012 at 10:43

    ampun kk, gede-gede bener gajinya ^_^
    aing mau juga kk….

  2. 3 yudha 28 February 2012 at 12:40

    hebat cat…itu gaji gw 4 bln di kantor…hehehehe

  3. 4 angga prianata 28 February 2012 at 12:46

    ampun juragan..bikin ngiler aja, maen PES yuk :D

  4. 6 mas stein 28 February 2012 at 13:17

    gede sangat, jadi tau, mungkin segitu juga bayaran temen saya di halliburton. *geleng-geleng*

  5. 7 pancaliah 28 February 2012 at 18:18

    kosan ang yg di jkrta bayia bulanan atau tahunan cat? dn rancana ka nganggur2 di jakarta setelah lulus

    • 8 Catra 29 February 2012 at 14:18

      kosan den per bulan. ndak sero cari krajo stay di jkt do. kosan maha dan kama2 jauah. ancak ang stay di bdg. ang tunggu se jofair april di kampus. apply, kalo ado panggilan k jkt baru pai pakai travel k jkt

  6. 9 Goiq 10 March 2012 at 12:50

    dulu waktu baru lulus kuliah suka ngiler sama gaji temen-temen yang kebetulan kerja di perusahaan bonafide.. sekarang sih sudah ngga, karena apa yang saya mau dari sebuah pekerjaan sudah terpenuhi…

  7. 10 Alris 16 March 2012 at 19:21

    Saya pikir inilah kenapa para lulusan perguruan tinggi ternama memilih berkarir di perusahaan asing daripada perusahaan dalam negeri atau jadi pegawai negeri. Penghargaan yang diberikan dalam bentuk gaji, jenjang karir yang cerah dan pelatihan ke luar negeri makin menarik minat lulusan perguruan tinggi ternama.
    *ondeeeeh…, tacengang den mancaliak gaji gadang nan di aliburhan tu. den alah belasan tahun jadi tukang bangunan ndak pernah mancaliak piti sabanyak itu. Mudah-mudahan anak den bisuak lai lo inyo baminat masuak perguruan tinggi dan jurusan nan bergengsi tu. Bilo ka lulus Catra…

  8. 11 Bryan Kridha 14 May 2012 at 12:21

    itu kok after tax yang ali burhan di itemin cat..

    kasih kenyataan gilanya efek tax ke orang2 field dong..

    hehehe

  9. 12 No Name 24 May 2012 at 15:42

    Ceritanya menarik bangetttt….ketawa ketiwi campur kagum gw bacanya

  10. 13 Luly R. Khusnah (@luwly) 4 June 2012 at 03:33

    Menarik bgt ceritanya. Gue juga mirip2 gini, blm lulus iseng apply kemana-mana. Pengen nyari pengalaman. Salam kenal kang :D Sukses selalu.

  11. 14 Romy 5 June 2012 at 13:58

    andai saja PNS juga dapat sallary gede kayak gt.. :(

  12. 15 shaka 7 June 2012 at 17:02

    Jadi kalo seandainya masbro belom tanda tangan kontrak di saipem, kira-kira masbro bakal ambil yang mana masbro?? Hehehe
    Thx thx :)

  13. 16 Shaka 23 June 2012 at 17:29

    mas catra, kalo berdasarkan tulisan diatas tentang tes saipem, apa berarti soalnya berbeda-beda tergantung yang kita lamar ya?? thx :D

  14. 17 aineblume 12 September 2012 at 11:36

    keren gajinyaaaa… :D

  15. 18 Ahmad Faqih 25 September 2012 at 23:11

    ahhh ngeri2 sedap tuh gaji… klo di “selang bersih” punya info ttg slip gaji gak gan?

  16. 19 Mirza 26 September 2012 at 09:07

    mas catraaa mau doong di traktiiirrr…..

  17. 20 viko 4 October 2012 at 19:26

    Gilo ma da cat….mantab bana tu haaa

  18. 21 sansan 13 November 2012 at 18:38

    omm halli berapa lama tuh nunggunya ya?

  19. 24 Fikri 15 February 2013 at 18:58

    jadinya ambil yang mana nih, bang?

  20. 25 gunadi 14 March 2013 at 21:10

    mas saya terinspirasi dengan tulisan mas ini…
    insyaallah awal april ini saya tes halliburton,
    kalo boleh minta gambaran ttg tes aptitiude dihalliburton mas, seperti matematika dasar dan logika matematikanya… karena saya agak lemah dimatematika jujur… apakah sama seperti matek univ atau soal2 yang ada si snmptn? mudah2an bisa diberi pengarahan oleh mas,,,
    kalau sempat balas di email saya mas, saya gunadi seko semarang… maturnuwun…

  21. 26 -Din- 18 April 2013 at 17:02

    Hi Mas Catra, Salam kenal. Thank you buat sharing nya. Anyway, saat ini saya bekerja di GE. Tp ya namanya manusia, pasti akan dan sebisa mungkin mencoba tuk mencari something better. Boleh nanya tidak ya, apakah selain postingan dari job fair, HR dari Halliburton menerima CV yang kita dropped by its website? Since sepertinya saya dan banyak pengalaman teman2 lain yg saya tau, they will never cares about CV that we sent in its website. Terimakasih banyak ya Mas.. Salam sukses. :)

  22. 27 mardisantoso88 2 July 2013 at 18:08

    yang gambar slip halli ga jelas bro,,,bisa lebih diperjelas lagi ga bro??hehehehehe..salam kenal.

  23. 29 JurieSK 2 February 2014 at 00:01

    Kalo pay slip si ipem ane percaya,, kalo si burhan banyak gak percayanya :D.
    Coz secaranya ane mantan groupnya kiriksikilenem ngobongbuntute dewe,,:D :D. Jadinya masih ingat bentuk pay slip si ipem,, kalo eksak nominalnya lupa,, tapi jelasnya dah di multiple angka YG (young graduate),,
    Ane hampir 4 taon ikut si ipem,, gak tambah pinter , malah tambah oneng karena expart nya banyak yang oneng. Respect dan thrust mereka rendah terhadap engineer Indonesia. YG asuhan ane anak itb 2 orang,, yang 1 dah di norwey,, 1 lg msh di Ind kayaknya.. Sukses bro, yang tabah,, jalan panjang di depan untuk ke level senior..

  24. 30 Dicky Muhammad N 14 June 2014 at 21:42

    aku mah pernah kak iseng2 buat lamaran ke halliburton tuh, ternyate malah dipanggil.. eh pas tesnya itumah agak susah gimana gitu ane gangerti yg di soal logikanya jdnya kagak lulus deh -, maklum baru lulus kali yee jd masih kurang jago wkwkwk

  25. 31 antama 28 June 2014 at 00:05

    gan jadi nya ambil halli nya kaga?


  1. 1 Secuil Kisah Mencari Kerja « Sebuah Tulisan Kecil Trackback on 17 March 2012 at 11:38

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Follow me on twitter: @caatraa

Blog Stats

  • 288,769 hits

Twitter

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 63 other followers


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 63 other followers

%d bloggers like this: